Purna Budaya UGM. Hari ini tanggal 19 Juli 2011 bertempat di Gedung Prof. Koesnadi Hardjosoemantri (Purna Budaya UGM) dilakukan Launching Kendaraan Student Formula SAE. Acara ini dihadiri antara lain oleh Prof. Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP., M.Sc., Ph.D. yang mewakili Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. selaku Rektor UGM, Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) Yogyakarta Bapak Nur Satwika, Kepala Disdikpora DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji yang mewakili Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX. Dalam sambutannya, Prof. Bambang Hari merasa bangga atas keberhasilan tim Bimasakti dalam menyiapkan mobil ini sehingga merupakan satu-satunya wakil Indonesia dalam kompetisi Student Formula SAE (Society of Automotive Engineers) Competition of Japan yang akan diselenggarakan pada bulan September 2011. “Dengan even ini, bisa menunjukkan prestasi-prestasi kita di kancah dunia”, kata beliau. Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor UGM mengharapkan, even ini bisa membangun suatu network dengan dunia luar. Karena dalam kompetisi ini diikuti oleh sejumlah tim dari berbagai universitas mancanegara.
Ketua IMI Yogyakarta Nur Satwika mengatakan, bahwa IMI siap membantu terlaksananya program ini kekancah internasional. Pihak IMI akan mensupport, sehingga dengan adanya even ini dapat membawa manfaat yang positif dalam dunia otomotif Indonesia khususnya di Yogyakarta. Sedangkan Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji yang mewakili Wakil Gubernur DIY, membacakan sambutan Wakil Gubernur yang intinya mendukung tim Bimasakti agar bisa mengharumkan nama Jogja khususnya dan Indonesia umumnya sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap dunia otomotif di Indonesia.
Dalam kompetisi formula tahunan untuk tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Japan Society of Automotive Engineeers (JSAE), akan bertanding 85 tim dari berbagai negara, antara lain Jepang, Australia, Thailand, Korea, Cina dan India. Kompetisi ini adalah kompetisi tingkat mahasiswa dimana faktor-faktor yang akan diperhitungkan sebagai penilaian adalah : analisis kendaraan, efisiensi bahan bakar, daya tahan, autocross, dan skid-pad. Mesin yang dipakai oleh Bimasakti sendiri adalah mesin GSX 250cc, berbahan frame base material Black Pipe Steel ASTM A-53 0,2% C. Untuk body memakai bahan fiber glass dengan tebal 4-6 mm. Panjang total kendaraan 2,40m, tinggi 1,05m dan lebar 1,10m.
Tim ini terdiri dari 16 siswa campuran dari Teknik Mesin dan Industri FT UGM dengan susunan Muhammad Audi Yusuf – Main Vehicle Driver, Akmal Irfan Majid – Head Coordinator of the Project, Andika Rinaldo Asry – Head Coordinator of Non-Technical Division, Monanda Wandita Rini Purba – General Secretary and Treasurer, Nosal Nugroho Pratama – Vehicle Design, Riandro Pramudyo – Body and Chasis Design, Akbar Suryo Sadarpo – Mechanical System, Budi Santoso – Manufacturing and Assembling, Azhari Kurnia Putra – Electrical and Safety System, Ahmad Ghozi Arijuddin – Quality Control, Habdhimas Tunjung Sugandhiko – Engine System, Doddy Bagus Jonathan Hutabarat – Regulation, Information, and Registration, Hadiyan Yusuf Kuntoro – Equipment and Circulation, Fresilia Sukmawanty – Sponsorship and Partnership, Mahathelge Mohamad Supriyadi – Cost Analysis, Mithafirsty Annisa Cesarysti – Rules and Regulation dan 3 dosen penasehat. Launching ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor UGM dilanjutkan dengan test drive di depan Grha Shaba Pramana UGM. (xxx)