Latar Belakang
Bidang pendidikan pada umumnya telah mengalami perkembangan yang demikian pesat, sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia kerja, yang ditunjang oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Tidak terkecuali bidang teknik (engineering) pun dihadapkan kepada sejumlah peluang dan tantangan pengembangan, baik terkait dengan isi atau kandungan subtansi di dalam kurikulum pendidikannya, maupun menyangkut proses pembelajaran dan cara-cara pengelolaan kegiatan akademiknya. Di Indonesia, upaya formal dan melembaga untuk melakukan pengembangan pendidikan bidang teknik (engineering education) belum banyak dilakukan, sedangkan di negara-negara maju, termasuk di Amerika Serikat, penyiapan sumberdaya manusia untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja bidang teknik dan teknologi secara profesional telah ditempuh dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat secara khusus menyelenggarakan program pendidikan khusus di bidang Engineering Education, misalnya Purdue University dan Utah State University. Hal tersebut dipandang perlu agar pengembangan pendidikan di bidang teknik dan teknologi dapat dilakukan secara berkelanjutan.
Maksud dan Tujuan
Maksud diselenggarakannya workshop ini adalah untuk memperkenalkan esensi dan manfaat, serta prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan akreditasi dari salah satu lembaga internasional, dalam hal ini ABET, bagi program studi di lingkungan Fakultas Teknik UGM, dan perguruan tinggi lainnya.
Adapun tujuan workshop adalah agar setiap program studi di lingkungan Fakultas Teknik mampu mulai menyiapkan diri untuk mengajukan akreditasi internasional melalui ABET, yang menyangkut pembenahan sistem pengelolaan akademik beserta seluruh persyaratan administratif dan dokumen pendukung yang diperlukan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada sistem akreditasi ABET.
Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
Workshop diselenggarakan selama 2 (dua) dari, yaitu 23-24 November 2010, bertempat di Ruang Sidang 2.1, Lantai 2, Kantor Pusat Fakultas Teknik, Jl. Grafika 2, Sekip, Yogyakarta. Kunjungan ke beberapa jurusan setelah acara workshop pada hari pertama juga akan diselenggarakan untuk mendapatkan gambaran riil tentang beberapa hal terkait dengan asesmen oleh ABET, yang kemudian hasil kunjungan tersebut akan dibahas pada hari ke-2.
Pembicara/Nara Sumber
Prof. Michael Leonard
Asesor ABET, dari School of Engineering, Mercer University, Georgia, USA.
A. Internal Fakultas Teknik UGM:
a. Ketua dan Sekretaris Senat FT UGM
b. Pengurus Fakultas Teknik UGM
c. Para Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan
d. Para Ketua Program Studi S1
e. Para Ketua Program Studi S2-S3
f. Seluruh anggota Gugus Jaminan Mutu (GJM) FT UGM
g. Perwakilan Dosen
h. Staf administrasi (Seksi Akademik dan Kemahasiswaan FT UGM)
B. Pihak luar Fakultas Teknik UGM:
a. Ketua dan Sekretaris Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM
b. Dekan Fakultas MIPA UGM
c. Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM
d. Para Dekan Fakultas Teknik PT di wilayah Yogyakarta
WORKSHOP ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology)
Fakultas Teknik UGM, 23-24 November 2010
Tempat: Ruang Sidang 2.1, Kantor Pusat Fakultas Teknik, Jl. Grafika 2, Sekip, Yogyakarta.
Workshop Day 1 – November 23th, 2010
09:00 to 09:45 09:45 to 09:55 10:00 to 10:30 10:30 to 11:00 11:05 to 11:30 11:30 to 12:30 |
ABET Accreditation – An Overview Identifying Program Constituents* Use of Assessment and Evaluation in Outcomes-Based Accreditation, Selection of Program Educational Objectives and Learning Outcomes* Use of Performance Criteria Assessment Methods, and Rubrics in Documenting Achievement of Learning Outcomes* ABET Engineering Accreditation Criteria Lunch Break Visit Selected Engineering Departments at Gadjah Mada University |
09:00 to 09:55 10:00 to 10:45 10:45 to 11:30 11:30 to 12:00 12:00 to 13:00 |
Strengths and Opportunities for Improvement in Visited Engineering Departments Documenting Continuous Improvement* Preparations for ABET Accreditation Review: Faculty, Students, Facilities and Administration Program Self Studies* Discussions with Department Chairs and Dean/Vice Deans Concerning Accreditation Preparations |
NOTE: All sessions include time for discussion. Sessions marked with (*) incorporate audience participation