Pertanyaan yang sering diajukan mahasiswa, serta jawabannya
Akademik
- Bagaimana prosedur pengajuan cuti kuliah?
- ajukan di Simaster sesuai jadwal, jangan sampai terlambat
- Bagaimana prosedur perpanjangan masa studi?
- ajukan di Simaster sesuai jadwal, jangan sampai terlambat
- Bagaimana prosedur mengajukan keringanan UKT?
- ajukan di Simaster sesuai jadwal, jangan sampai terlambat
- Bagaimana prosedur pengunduran diri sebagai mahasiswa?
- Diproses sesuai ketentuan departemen, mohon dapat menghubungi departemen masing-masing.
- dengan persetujuan orang tua (mahasiswa S1, atau yang memerlukan (<click here>
- tanpa persetujuan orang tua (untuk mahasiswa S3, atau kondisi tertentu) <click here>
- Diproses sesuai ketentuan departemen, mohon dapat menghubungi departemen masing-masing.
- Bagaimana prosedur mengajukan surat keterangan aktif kuliah, surat/dokumen pengajuan beasiswa, dll.?
- Silakan ikuti panduan yang ada di https://ft.ugm.ac.id/pelayanan-mahasiswa/
- Bagaimana prosedur pengajuan Letter of Nomination?
- Silakan dapat mengirimkan email ke oia.ft@ugm.ac.id dengan subjek “Permohonan Letter of Nomination – Nama Lengkap” menyertakan data berikut: Nama Lengkap, NIM, Program Studi, Departemen, Nama Program (beserta link informasi program), Tanggal & Tempat Program.
- Bagaimana prosedur pengajuan Recommendation Letter untuk melanjutkan studi?
- silakan dapat mengirimkan permohonan ke alamat email oia.ft@ugm.ac.id. Mohon untuk melampirkan beberapa dokumen berikut yang telah digabung dalam satu file PDF:
1. Surat permohonan (ditujukan kepada Dekan, format bebas),
2. Informasi terkait beasiswa yang akan didaftar,
3. Daftar riwayat hidup (CV),
4. Ijazah S1*,
5. Transkrip nilai S1*,
6. Surat rekomendasi dari Dosen Pembimbing Akademik.
*) jika akan melanjutkan studi S3, mohon dapat mengirimkan Ijazah dan Transkrip Nilai S2
- silakan dapat mengirimkan permohonan ke alamat email oia.ft@ugm.ac.id. Mohon untuk melampirkan beberapa dokumen berikut yang telah digabung dalam satu file PDF:
- Berapa lama waktu pemrosesan Letter of Nomination dan Recommendation Letter?
- Dalam kondisi normal, 2-3 hari setelah dokumen lengkap.
- Apakah pengambilan dokumen transkrip nilai dapat diwakilkan?
- Bisa. Pengambilan dengan surat kuasa yang ditandatangani kedua belah pihak dan menunjukkan bukti pengembalian toga.
- Di mana bisa menemukan berbagai referensi kuliah?
- silakan ke perpustakaan departemen atau fakultas. Informasi terkait dapat dilihat di http://lib.ugm.ac.id – http://lib.ft.ugm.ac.id
- jurnal dilanggan UGM dapat dilihat di https://lib.ugm.ac.id/akses-e-journals-databases-dan-e-books/
- koleksi buku dapat dilihat di https://opac.lib.ugm.ac.id
Kemahasiswaan
- Bagaimana prosedur meminta surat tugas lomba?
- informasi tersedia di https://ft.ugm.ac.id/pengajuan-pendanaan-kegiatan-mahasiswa-fakultas-teknik-ugm/
- Bagaimana mengajukan dokumen permohonan beasiswa?
- silakan ajukan melalui persuratan FT, pastikan data yang dituliskan benar.
- Bagaimana mengajukan surat keterangan aktif kuliah untuk tunjangan PNS/ASN
- silakan ajukan melalui persuratan FT, pilih bagian “Surat Keterangan Aktif Mahasiswa untuk Tunjangan ASN/TNI/POLRI”
- Bagaimana prosedur mengajukan klaim prestasi ke Universitas?
- silakan ajukan melalui Simaster dengan menyertakan surat tugas
- Bagaimana prosedur klaim prestasi di fakultas?
- proses pengumpulan data dilakukan oleh Sobat FT.
- Bagaimana prosedur peminjaman laptop
- silakan mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dikirim melalui email akademik.ft@ugm.ac.id. Surat permohonan ditandatangani dan disertai alasannya (akan lebih baik jika ada bukti pendukung).
- Bagaimana agar prestasi, dan aktivitas lainnya terverifikasi dan muncul di SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)?
- ajukan disertai bukti, dan pastikan memilih peran yang tepat di Simaster pada bagian aktivitas mahasiswa
- kemudian melakukan konfirmasi ke fakultas melalui email akademik.ft@ugm.ac.id dengan subyek Konfirmasi Aktivitas Mahasiswa. Tuliskan Nama, NIM, Program Studi disertai cuplikan/capture daftar aktifitas mahasiswa yang diajukan.
- Bagaimana prosedur meminjam ruang di SGLC FT UGM?
- Silakan ajukan permohonan melalui aplikasi persuratan (https://sms.ft.ugm.ac.id/persuratan/), pilih menu Peminjaman Ruang.
KKN
- Apakah fakultas memberikan dukungan biaya untuk KKN? bagaimana mengajukannya?
- ada. Pengajuan dapat dilakukan di laman https://sms.ft.ugm.ac.id/kegiatan-mahasiswa
- Apakah saya bisa membatalkan periode KKN yang sudah disetujui?
- bisa. Silakan sampaikan surat permohonan dengan ditandatangani, sertakan alasan dan dokumen pendukungnya.
Kesehatan mental
- Saya merasa memiliki masalah kesehatan mental yang urgent/gawat, apa yang harus saya lakukan?
- silakan kontak ke WA/telp +62 822-4192-8334 atau melalui http://ugm.id/kkmft
- Apa yang harus saya lakukan jika saya bermasalah dengan studi saya?
- segera temui bagian akademik departemen, sampaikan permasalahannya.
- Di mana letak ruang psikolog FT?
- ada di lantai 2 gedung SGLC FT UGM
Lainnya
- Bagaimana jika barang yang saya miliki ketinggalan di Gedung SGLC?
- silakan cari di ruang terakhir barang berada, jika tidak ditemukan silakan datang ke ruang Unit Layanan Terpadu (ULT) lantai 2 Gedung SGLC.