Pertanyaan yang sering diajukan mahasiswa, serta jawabannya

Akademik

  1. Bagaimana prosedur pengajuan cuti kuliah?
    • ajukan di Simaster sesuai jadwal, jangan sampai terlambat
  2. Bagaimana prosedur perpanjangan masa studi?
    • ajukan di Simaster sesuai jadwal, jangan sampai terlambat
  3. Bagaimana prosedur mengajukan keringanan UKT?
    • ajukan di Simaster sesuai jadwal, jangan sampai terlambat
  4. Bagaimana prosedur pengunduran diri sebagai mahasiswa?
    • Diproses sesuai ketentuan departemen, mohon dapat menghubungi departemen masing-masing.
      1. dengan persetujuan orang tua (mahasiswa S1, atau yang memerlukan (<click here>
      2. tanpa persetujuan orang tua (untuk mahasiswa S3, atau kondisi tertentu) <click here>
  5. Bagaimana prosedur mengajukan surat keterangan aktif kuliah, surat/dokumen pengajuan beasiswa, dll.?
  6. Bagaimana prosedur pengajuan Letter of Nomination?
    • Silakan dapat mengirimkan email ke oia.ft@ugm.ac.id dengan subjek “Permohonan Letter of Nomination – Nama Lengkap” menyertakan data berikut: Nama Lengkap, NIM, Program Studi, Departemen, Nama Program (beserta link informasi program), Tanggal & Tempat Program.
  7. Bagaimana prosedur pengajuan Recommendation Letter untuk melanjutkan studi?
    • silakan dapat mengirimkan permohonan ke alamat email oia.ft@ugm.ac.id. Mohon untuk melampirkan beberapa dokumen berikut yang telah digabung dalam satu file PDF:
      1. Surat permohonan (ditujukan kepada Dekan, format bebas),
      2. Informasi terkait beasiswa yang akan didaftar,
      3. Daftar riwayat hidup (CV),
      4. Ijazah S1*,
      5. Transkrip nilai S1*,
      6. Surat rekomendasi dari Dosen Pembimbing Akademik.
      *) jika akan melanjutkan studi S3, mohon dapat mengirimkan Ijazah dan Transkrip Nilai S2
  8. Berapa lama waktu pemrosesan Letter of Nomination dan Recommendation Letter?
    • Dalam kondisi normal, 2-3 hari setelah dokumen lengkap.
  9. Apakah pengambilan dokumen transkrip nilai dapat diwakilkan?
    • Bisa. Pengambilan dengan surat kuasa yang ditandatangani kedua belah pihak dan menunjukkan bukti pengembalian toga.
  10. Di mana bisa menemukan berbagai referensi kuliah?

 

Kemahasiswaan

  1. Bagaimana prosedur meminta surat tugas lomba?
  2. Bagaimana mengajukan dokumen permohonan beasiswa?
    • silakan ajukan melalui persuratan FT, pastikan data yang dituliskan benar.
  3. Bagaimana mengajukan surat keterangan aktif kuliah untuk tunjangan PNS/ASN
    • silakan ajukan melalui persuratan FT, pilih bagian “Surat Keterangan Aktif Mahasiswa untuk Tunjangan ASN/TNI/POLRI”
  4. Bagaimana prosedur mengajukan klaim prestasi ke Universitas?
    • silakan ajukan melalui Simaster dengan menyertakan surat tugas
  5. Bagaimana prosedur klaim prestasi di fakultas?
    • proses pengumpulan data dilakukan oleh Sobat FT.
  6. Bagaimana prosedur peminjaman laptop
    • silakan mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dikirim melalui email akademik.ft@ugm.ac.id. Surat permohonan ditandatangani dan disertai alasannya (akan lebih baik jika ada bukti pendukung).
  7. Bagaimana agar prestasi, dan aktivitas lainnya terverifikasi dan muncul di SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)?
    • ajukan disertai bukti, dan pastikan memilih peran yang tepat di Simaster pada bagian aktivitas mahasiswa
    • kemudian melakukan konfirmasi ke fakultas melalui email akademik.ft@ugm.ac.id dengan subyek Konfirmasi Aktivitas Mahasiswa. Tuliskan Nama, NIM, Program Studi disertai cuplikan/capture daftar aktifitas mahasiswa yang diajukan.
  8. Bagaimana prosedur meminjam ruang di SGLC FT UGM?

 

KKN

  1. Apakah fakultas memberikan dukungan biaya untuk KKN? bagaimana mengajukannya?
  2. Apakah saya bisa membatalkan periode KKN yang sudah disetujui?
    • bisa. Silakan sampaikan surat permohonan dengan ditandatangani, sertakan alasan dan dokumen pendukungnya.

Kesehatan mental

  1. Saya merasa memiliki masalah kesehatan mental yang urgent/gawat, apa yang harus saya lakukan?
  2. Apa yang harus saya lakukan jika saya bermasalah dengan studi saya?
    • segera temui bagian akademik departemen, sampaikan permasalahannya.
  3. Di mana letak ruang psikolog FT?
    • ada di lantai 2 gedung SGLC FT UGM

Lainnya

  1. Bagaimana jika barang yang saya miliki ketinggalan di Gedung SGLC?
    • silakan cari di ruang terakhir barang berada, jika tidak ditemukan silakan datang ke ruang Unit Layanan Terpadu (ULT)  lantai 2 Gedung SGLC.
Translate »