FT UGM Peduli Lombok - Informasi dan Repositori Referensi

Ragkaian gempa bumi dahsyat yang melanda Lombok dan sekitarnya telah menelan korban jiwa dan harta yang tidak sedikit. Rasa duka dan keprihatinan kita yang mendalam kita sampaikan kepada para kurban bencana alam, teriring doa semoga saudara-saudara kita di sana diberi kesabaran, ketabahan, dan kemudahan dalam menghadapi cobaan ini. Meski demikian, kita tidak boleh larut dalam duka dan lara berkepanjangan. Waktunya untuk bangkit dan membangun kembali Lombok dan Sumbawa.

Sebagai bentuk kepedulian sivitas akademika Fakultas Teknik UGM, pada tahap tanggap darurat telah dikirim dosen dan 65 mahasiswa relawan FT UGM untuk membantu saudara-saudara kita di sana. Berbagai kegiatan pemulihan dilakukan, mulai dari asesmen bangunan fasum/fasos, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, penyediaan air baku, MCK, pembuatan percontohan RISHA, maupun hunian sementara. Mahasiswa dan dosen FT UGM bahu membahu dengan berbagai fihak (KAGAMA, KATGAMA, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Lembaga-lembaga lainnya) hadir memberdayakan masyarakat untuk membangun kembali Lombok dengan lebih baik.

Melalui program HUNTRAP – hunian transisi menuju permanen, dosen dan mahasiswa FT UGM menyumbangkan konsep dan membuat beberapa percontohan di beberapa lokasi di Lombok Utara. Semoga bisa menjadi salah satu alternative untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal.

Semoga masyarakat Lombok dan Sumbawa segera bangkit dan membangun kembali hari esok yang lebih baik. Semoga Allah Yang Maha Kuasa memberikan hidayahNya bagi kita semua. Aamiin.

Dekan FT UGM
Nizam

Dokumentasi KATGAMA #PeduliLombok Tahap 1

Twitpic kampanye #PeduliLombok

14.08.18

Kampanye #PeduliLombok digemakan KATGAMA melalui channel media sosial ECC UGM dan email blasting ke seluruh negeri, dengan agenda yang jelas dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka menengah korban bencana di Lombok.

Bantuan beras untuk dua dusun

21.08.18

Bantuan pertama dilakukan dengan menyerahkan beras sejumlah masing-masing satu ton untuk Dusun Banten Damai di Kabupaten Lombok Utara dan Dusun Limbungan Utara, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Beras untuk Dusun Limbungan Utara

21.08.18

Bantuan beras sejumlah satu ton di dusun Limbungan Utara diterima oleh Kepala Dusun dan ulama setempat.

Bahu-membahu dengan warga

21.08.18

Warga setempat cukup sabar dan penuh semangat bahu-membahu dengan tim relawan dalam mendistribusikan bantuan kepada para korban bencana.

Delapan ekor sapi untuk korban bencana

22.08.18

Bantuan delapan ekor sapi qurban dari KATGAMA dan para relawan untuk korban bencana di Desa Dangiang Kayangan, diterima oleh Penghulu Desa.

Bantuan selimut untuk Dusun Limbungan Utara

22.08.18

Bantuan berupa selimut diterima langsung oleh Kepala Dusun Limbungan Utara, Kabupaten Lombok Barat. Selimut sangat dibutuhkan oleh para korban bencana yang mayoritas kini menjadi pengungsi di tenda-tenda darurat.

Gotong royong bersama warga

23.08.18

Relawan KATGAMA bekerja bahu membahu dengan warga setempat dalam membersihkan puing dan membangun kembali sarana kehidupan di lokasi bencana.

Mushola sementara

24.08.18

Ada beberapa tempat ibadah yang rubuh dan tidak bisa digunakan, sehingga relawan membantu warga membuat mushola sementara untuk keperluan ibadah.

Survei pendahuluan

18.08.18

Survei awal tim KATGAMA, bertemu dengan Kepala Dusun Banten Damai, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, di area pengungsian korban bencana.

Tim relawan gelombang pertama

21.08.18

Tim relawan KATGAMA #PeduliLombok tiba di Wisma Nusantara, Kota Mataram, dan langsung berkoordinasi serta membuat perencanaan penyaluran bantuan tahap pertama.

Beras untuk Dusun Banten Damai

21.08.18

Bantuan beras sejumlah satu ton di Dusun Banten Damai diterima oleh Kepala Dusun.

Sholat Ied bersama korban bencana

22.08.18

Suasana persiapan sholat Idul Adha di lokasi bencana bersama para pengungsi korban bencana gempa Lombok.

Shelter penyimpanan sementara

22.08.18

Sekitar seribu selimut, sarung dan mukena serta obat-obatan untuk aksi pengobatan gratis disimpan di shelter penyimpanan sementara di Wisma Nusantara, Kota Mataram, sebelum didistribusikan ke lokasi. Pengobatan gratis akan dilakukan pada Minggu, 26 Agustus 2018.

Posko KATGAMA di Lombok Utara

22.08.18

Posko KATGAMA #PeduliLombok di Dusun Banten Damai, Kabupaten Lombok Utara.

MCK untuk warga

24.08.18

Pembuatan MCK untuk warga korban bencana menjadi hal yang vital, terutama di Dusun Limbungan Utara.

Dokumen-Dokumen
Galeri Photo dan Video Kegiatan