E-MISI atau Ekspedisi Mitigasi Iklim memiliki makna sebuah perjalanan pencaharian dalam upaya mitigasi iklim. E-MISI merupakan permainan papan edukasi yang berorientasi pada pembelajaran mengenai cara mitigasi dari perubahan iklim. E-MISI dilengkapi dengan buku ilustrasi yang akan memandu pemain untuk menyelesaikan permainan. Terdapat 5 karakter tokoh yang akan menjadi penyelamat dari permasalahan yang diangkat dalam permainan ini. Permainan ini juga semakin seru karena ada kartu teka-teki, kartu misi, dan kartu bahaya. Papan permainan E-misi mengangkat tema Indonesia sebagai bentuk turut serta dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. E-MISI mempunyai tagline “Lindungi alam, lindungi kita semua” yang merepresentasikan produknya yang bergerak di bidang kepedulian lingkungan.
Gagasan E-MISI berawal dari rasa prihatin terhadap kondisi perubahan iklim yang telah berdampak secara signifikan. Hal ini menandakan bahwa perubahan iklim merupakan suatu masalah yang urgen untuk ditangani. Beberapa bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim yakni banjir rob di Demak, penurunan permukaan tanah di Jakarta, dan kebakaran hutan di Riau. Dengan itu terbentuklah sebuah gagasan untuk menciptakan sebuah media yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai hal tersebut.
Diharapkan E-MISI dapat menjadi media untuk mengedukasi tentang bagaimana cara untuk mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim khususnya emisi karbon serta mengenalkan terhadap berbagai hal yang dapat mengakibatkan perubahan iklim dengan lebih sederhana dan mudah diterima untuk anak-anak. Dengan itu, kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap masalah perubahan iklim dapat meningkat serta mendorong anak sejak usia dini untuk meningkatkan pengetahuan dan kepekaan terhadap lingkungan. E-MISI juga turut serta dalam mendukung pelestarian dan pemeliharaan lingkungan.
Produk ini diperuntukkan untuk anak-anak usia 6 tahun keatas. E-MISI juga didesain secara menarik dan aman untuk anak-anak serta ramah lingkungan. Anak akan lebih mudah dalam belajar dan memahami serta dapat melatih kepekaan anak terhadap lingkungan sehingga akan meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar. E-MISI mempunyai 4 segmentasi pasar yaitu demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Produk ini menargetkan penjualan kepada orang tua yang memiliki anak dengan usia 6 tahun keatas yang mendukung serta tertarik untuk mengedukasi anaknya menggunakan media permainan yang interaktif. Selain itu, E-MISI juga menargetkan penjualan kepada guru sekolah dasar (SD) untuk menggunakan produknya sebagai media belajar murid SD.
Saat ini, E-MISI sedang melakukan promosi untuk mengenalkan produk lebih luas kepada masyarakat dan membangun jaringan pemasaran. Harapan untuk ke depannya bisnis board game E-MISI ini bisa menjadi berkembang dan mampu bersaing dengan permainan lain yang ada di pasaran dan produk edukasi ini bisa dikenal masyarakat luas dan memberikan manfaat edukasi seperti yang seharusnya. Selain itu, harapannya produk E-MISI dapat berkembang menyesuaikan dengan permintaan pasar dan melakukan ekspansi produk, seperti memproduksi permainan edukasi dengan tema baru dan bentuk baru. (Ilyas Rizky Antasari-LPKTA/Review: Purwoko)