Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan motor adalah dengan menjaga kondisi kendaraan tetap prima sehingga tidak terjadi malfungsi saat digunakan. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) tim KEIMON membuat produk yang dapat mengedukasi pengguna motor untuk merawat motornya dengan baik.
Tim KEIMON terdiri dari Bella Syaifillah (Teknik Industri) sebagai ketua tim dan beranggotakan Vivin Setyo (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota), Yogi Adi Pratama (Teknik Mesin), Falah Luthfi (Teknik Industri) dan Wiandra Alif Audi (Teknik Mesin). Dalam mengembangkan produknya, tim KEIMON dibimbing oleh Dr.Eng. Herianto S.T.,M.Eng.
KEIMON adalah produk edukasi motor yang berisi pengetahuan seputar cara merawat motor melalui media kalender. Terdapat beberapa pengetahuan penting yang dapat mengedukasi pengguna motor agar selalu menjaga kondisi kendaraannya. Selain edukasi, produk KEIMON memiliki fitur rekam jejak motor, sehingga pengguna motor dapat selalu memantau kondisi kendaraannya dengan mudah. KEIMON mengedukasi pengendara motor dengan cara yang berbeda, tidak membosankan dan asyik yaitu mengedepankan produk yang unik, kreatif dan inovatif. Hal tersebut merupakan kelebihan dari produk KEIMON.
“KEIMON didesain dengan sangat kreatif dan unik dimana terdapat gambar yang disertai warna yang beraneka ragam sehingga tidak monoton dan pengguna motor yang menggunakan produk kami merasa diedukasi dengan cara yang asyik.” Tutur Yogi sebagai desainer KEIMON.
Banyaknya kecelakaan motor akibat kondisi motor yang tidak layak jalan menjadi alasan diciptakan produk KEIMON ini. Hal tersebut juga tidak terlepas dari banyaknya motor yang ada di Indonesia karena faktanya menurut data dari Badan Pusat Statistika terdapat 84.732.652 motor yang ada di Indonesia. Dengan adanya produk ini, diharapkan mesyarakat dapat teredukasi dan menyadari pentingnya merawat motor untuk keselamatan sehingga kecelakaan dapat diminalisir.
Segmen pasar KEIMON adalah Pengguna motor umur 20-29 tahun (pelajar, pegawai kantor, pekerja lapangan yang menggunakan sepeda motor) Pemilik dealer dan bengkel sepeda motor di Yogyakarta. Dengan segmen tersebut, diharapkan KEIMON dapat efektif mengedukasi pengguna motor karena pengguna motor terbanyak terdapat pada rentang usia tersebut. Untuk saat ini, target pasar adalah seluruh pengguna motor yang ada di Yogyakarta, namun tidak menutup kemungkinan akan melebarkan target keluar Yogyakarta karena misi KEIMON tidak hanya mengedukasi di tingkat regional namun sampai tingkat Nasional.